Rabu, 03 Desember 2008

Ronaldo memenangkan penghargaan Ballon d'Or 2008

Koleksi gelar individu Cristiano Ronaldo bertambah. Kemarin (2/12/08), bintang Manchester United tersebut dinobatkan sebagai pemenang Ballon d'Or atau pemain Pemain Terbaik Eropa 2008. Inilah pertama kalinya Ronaldo mendapatkan penghargaan dari majalah Perancis France Football tersebut setelah tahun lalu menjadi runner-up.

Sebelum pengumuman, Ronaldo memang menjadi kandidat kuat peraih Ballon d'Or 2008. Dia bersaing ketat dengan Lionel Messi (Barcelona), Fernando Torres (Liverpool), dan Kaka (Milan). Namun, saat pengumuman hasil polling di Paris, Perancis, kemarin Ronaldo menang telak.

Ronaldo menjadi yang terbaik setelah dipilih 77 diantara 96 jurnalis di seluruh dunia dalam polling yang dilakukan oleh France Football. Dari kalkulasi poin, Ronaldo mengumpulkan 446 poin dari maksimal 480 poin. Jumlah tersebut berselisih sangat jauh dengan Messi yang menjadi runner-up dengan 281 poin. Posisi ketiga dihuni oleh Torres dengan 179 poin. Pemenang Ballon d'Or tahun lalu, Kaka, berada di posisi ke-9 dengan 99 poin.

Ronaldo memang sangat pantas mendapatkan gelar ini. Penilaian yang dilakukan 96 juri itu mengacu pada performa Ronaldo musim lalu, yaitu mengoleksi 42 gol bagi MU sekaligus mengantarkan MU merebut gelar ganda (double winners) di Premier League dan Liga Champions.

Selain penghargaan itu, sebelumnya Ronaldo juga pernah meraih gelar pemain terbaik versi asosiasi jurnalis serta pemain profesional di musim 2006-2007. Kemudian dia juga meraih Sepatu Emas Eropa 2008, gelar pemain dan striker terbaik versi UEFA, dan pemain terbaik dunia versi FIFPro (Asosiasi Perkumpulan Pemain Profesional Seluruh Dunia) pada 27 Oktober 2008 lalu.

Dengan gelar Ballon d'Or, maka Ronaldo menjadi pemain Manchester United keempat yang berhasil mendapatkan trofi prestisius itu. Sebelumnya, legenda The Red Devils seperti Dennis Law (1964), Sir Bobby Charlton (1966), dan George Best (1968) telah lebih dahulu merasakan manisnya gelar pemain terbaik Eropa.

0 komentar:

Posting Komentar